Agar Aglaonema Tetap Cantik

Dalam menjaga kecantikan aglaonema, media tanam dan pemilihan pupuk adalah kunci utama. Jika penggunaan media tanam salah, jarang diganti atau kurang tertata, aglaonema akan terlihat tidak maksimal, bahkan tidak bisa berumur panjang. Selain itu, penggunaan bahan pupuk yang tidak tepat, seringkali menghilangkan warna pada daun.

 

 

 

Idealnya, untuk melakukan repotting dan mengganti media tanam, dilakukan paling tidak 6-12 bulan sekali. Itu untuk menghindari pertumbuhan kuman dan bakteri yang tumbuh di media tanam. Penggunaan insektisida dan fungisida memang tidak dilarang, namun untuk menghindari penggunaan bahan kimia berlebih, repotting adalah cara yang bisa diandalkan.

Selain nutrisi dan menghindari jamur, pergantian media tanam yang terlalu sering juga tidak dianjurkan. Sebab, hal itu bisa membuat tanaman jadi stres. Bagaimanapun, tanaman memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan media tanam yang baru, sehingga lakukan perbaikan letak tanaman dan sesuaikan pada saat proses repotting. Dalam beberapa kasus, aglaonema juga bisa diletakkan di media tanam non tanah, seperti pakis dan sekam. Bahkan untuk mempercantik tanaman, media tanam bisa diganti dengan hidro gell.

Foto :jay

Pemilihan media pupuk sebaiknya diperhatikan. Saat ini di pasaran tersedia berbagai merk dengan kandungan tertentu, salah satunya adalah pupuk dengan kandungan N (Nitrogen) terlalu tinggi. Bagi tanaman yang berwarna hijau, bahan ini sangat cocok, karena bisa merangsang pertumbuhan klorofil. Namun untuk jenis-jenis aglaonema berwarna-warni, seperti merah, putih, dan kuning, tunggu dulu. Penggunaan bahan ini malah tidak disarankan, karena bisa membuat warna daun jadi pudar. [hyo]

About these ads

14 thoughts on “Agar Aglaonema Tetap Cantik”

  1. So, beritahu dong pupuk apa yang cocok…..sebagai contoh, saya punya lady valentine, King of Siam, Lemon green, Lipstic Siam aurora. Pupuk dan media apa yang sesua dengan sya punya itu? Terima kasih banyak.

  2. Tolong Kasih tahu ukuran pemberian pupuk, waktu pemberian pupuk, dan waktu penyiraman yang tepat pada tanaman aglonema.

  3. bwt penulis, seperti pertanyaan yang sebelumnya,,,,,
    saya mau tnya nie, trz pemberian pupuk yang tepat kayak gimana? aku punya yang warna pink,,,

  4. Tolong dong kasih tau jenis dan juga merk pupuk yg untuk menguatkan karakter warna?
    Sekalian juga kl boleh tolong di beri dosis pemakaiannya?

  5. halo, saya hanya mau berbagi informasi. berdasarkan buku yang saya baca “mencerahkan daun aglaonema” dari agromedia. supaya aglaonema tampil cantik, pupuk yang dipakai adalah minggu pertama gromore hijau, minggu kedua gromore merah, minggu ketiga novelgrow, begitu berulang seterusnya. pada waktu repotting media tanamnya diber pupuk slowrelease dekastar. begitu katanya

  6. Bagaimana komposisi yang baik untuk perkembangan aglaonema yang baik. Lalu untuk menjadikan mereka seimbang pertumbuhan daunnya (rapi pergiliran tumbuhnya/perputarannya). Dan bagaimana mengatasi daun yang menjadi seperti agak keriting/menggelombang pada tepi daunnya.

  7. madia tanam kaliandra itu seperti apa belinya dimana?

    Kaliandra merupakan salah satu leuguminosa pohon atau semak yang … banyak dikenal adalah jenis kaliandra bunga merah (Calliandra calothyrsus), jadi medianya tanah dan humus, budidaya madu dari bunga kaliandra di rekomendasikan sebab banyak sekali manfaatnya.

  8. Untuk mempercepat pertumbuhan aglo, apa yang harus kita lakukan dalam tahap awal?

    Karena saya punya 4 jenis yang baru dibeli (anakan), agar cepat berkembang, apa yang harus dilakukan?

    jaga kondisi lingkungan supaya gak terlalu kering dan kasih juga suplemen B1

  9. kalau pakai pupuk kandang aja gimana?apa media tanam yang baik untuk aglonema,untuk tempat di dataran rendah,saya tinggal d brunei,jadi nggak ada akar pakis,kaliandra dan pasir malang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s