Lengkeng Ping Pong

Tak Sekedar Budidaya Skala Besar
Di Lamongan Jawa Timur (Jatim), kebun seluas kurang lebih 3000 m2 dijadikan lahan eksperimen lengkeng pingpong oleh sebuah perusahaan pembudidaya hortikultura. Konon, jenis lengkeng satu ini baru dua tahun belakangan beredar di Tanah Air. Apa yang menarik dari lengkeng ini, sehingga dijadikan sebagai alternatif eksperimen budidaya di Indonesia?

“Wah, buahnya belum terlampau masak. Mungkin bulan April ini, buahnya bisa dipanen,” kata Pembudidaya Lengkeng Ping Pong di Surabaya, Yusir Sukri.

Sayang sekali, Gallery harus menunggu untuk bisa icip manisnya lengkeng dengan ukuran sebesar bola ping pong ini. Karena penasaran, Gallery diberi kesempatan untuk menikmati buah yang belum terlampau matang itu. Sekalinya mendarat di mulut, alamak! Rasa legitnya sama dengan kualitas lokal, meski kondisi buahnya belum optimal. Rasa buahnya akan lebih maksimal, jika dipanen dengan kondisi optimal.
Jenis Baru
Pendahulunya, seperti jenis diamond river, sudah dikenal di Indonesia. Di Demak Jawa Tengah (Jateng), bibit untuk jenis ini banyak dibudidayakan. Bahkan lengkeng diamond river jadi ikon di Sekawang Kalimantan Barat (Kalbar), dengan mengangkat cita rasa khas.
Kini lain lagi, ketika lengkeng ping pong muncul dengan ukuran fantastis, yaitu seukuran bola ping pong dengan diameter buah kurang lebih 3-4 cm. Wow, ukuran besar inilah yang jadi kelebihan lengkeng asli negara Vietnam ini. Rasa manisnya juga khas. Pantas jika jenis ini kemudian dikembangkan sebagai alternatif budidaya yang memiliki prospek bisnis bagus.
Di Indonesia, budidaya lengkeng ping pong dilakukan dengan proses sambung atau stek. Sebab, jika ditanam dalam keadaaan masih biji, prosesnya akan lama dan hasilnya pun belum tentu sama dengan indukan. Terlebih lengkeng ping pong masih tergolong varian baru di Indonesia, sehingga masih sedikit orang yang berinisiatif membudidayakannya sebagai alternatif bisnis.
Padahal jika dilihat dari segi bisnis, budidaya lengkeng ping pong ini memiliki peluang yang bagus. Selain berkaitan dengan kualitas buah, juga karena faktor terbatasnya produk di pasaran saat ini. Tertarik untuk menjadikannya sebagai salah satu prospek usaha, baik untuk skala rumah tangga ataupun petani. Yuk, intip kiat budidaya lengkeng ping pong.
Bisnis Skala Rumah Tangga

“Tak perlu mengawalinya dengan modal banyak untuk merintis usaha budidaya ini. Modalnya hanya satu, yaitu semangat,” tandas Yusir.

Memang untuk memulai bisnis lengkeng ping pong ini tak harus dengan modal banyak. Bahkan, kata Yusir, hanya dengan memanfaatkan lahan yang ada di pekarangan rumah bisa jadi alternatif. Tak heran jika bisnis ini cocok diterapkan untuk skala rumah tangga, yaitu dengan menerapkan tabulampot (tanaman buah dalam pot). Beberapa hal yang diperhatikan dalam penerapan penanamannya, seperti:
1. Pembibitan. Tanam bibit lengkeng ping pong dalam pot dengan ukuran 1×2 m2 (atau besar pot disesuaikan dengan ukuran bibit). Untuk bibit, dapat diperoleh di penangkar tanaman buah lengkeng ping pong dengan harga kurang lebih Rp 75 ribu per bibit.
2. Penerapan media tanam. Baik-tidaknya kualitas dan pertumbuhan lengkeng ping pong bergantung pada penerapan media. Idealnya, media yang sifatnya porous atau berongga dianjurkan untuk diterapkan dalam pot, seperti pasir malang, pupuk kandang, dan sekam – dengan perbandingan 1:1:1. Dalam tahap ini, hal penting harus dilakukan adalah pendangiran atau penggemburan media tanam. Penggunaan pupuk atau nutrisi juga cukup dianjurkan. Namun harus disesuaikan dengan setiap fase pertumbuhan tanaman.
3. Penyinaran. Jenis lengkeng ping pong, termasuk tanaman yang gemar dengan sinar matahari langsung. Dalam hal ini, penyinaran jadi peran penting dalam proses pertumbuhan dan pembentukan kualitas buah. Usahakan agar tanaman tak ternaungi oleh apapun, seperti dinding atau tanaman lain yang ukurannya lebih besar.
4. Dipastikan dalam jangka waktu 8 bulan-1,5 tahun, hasilnya sudah bisa dinikmati. Hanya untuk panen, pertama kondisi buah kurang maksimal, seperti jumlahnya yang masih relatif sedikit. Ini berkaitan dengan masa adapatasi tanaman. Namun setelah panen pertama, hasilnya bisa optimal. Bahkan dalam satu pohon, jumlah dompolan bisa mencapai sekitar 50 kg. Bayangkan jika Anda memiliki 5 atau 10 pohon lengkeng ping pong. Selain bisa dinikmati sendiri, hasilnya juga berpotensi bisnis.
Skala Besar
Pada dasarnya, teknik budidaya dalam skala besar sama dengan kelas rumah tangga. Hanya penerapannya, mengalami sedikit pengembangan. Tak ada patokan khusus untuk luas lahan yang digunakan, cukup disesuaikan dengan kapasitas. Hal yang bisa diterapkan untuk budidaya lengkeng skala besar, yaitu:
1. Pembibitan. Mengingat, dalam skala besar membutuhkan pasokan bibit yang banyak, maka teknik sambung atau stek dijadikan alternatif perbanyakan. Caranya, dengan memanfaatkan bagian batang bawah sampai akar diambil dari lengkeng jenis lokal. Kemudian bagian atasnya disambung dengan jenis lengkeng ping pong impor.
2. Pegolahan media tanam. Pada dasarnya sama dengan yang diterapkan pada skala rumah tangga. Hanya di sini, penggunaan pupuk kandang dapat perhatian lebih, dimana di tahap awal penanaman pemberian pupuk kandang penting untuk diterapkan di media tanam. Kandungan unsur yang terurai dalam hara, berfungsi sebagai perangsang pertumbuhan tanaman. Selebihnya media pasir, tanah liat, dan sekam bisa dikombinasikan.
3. Pengaturan lahan. Tersusun dengan sistem bedengan, dimana jarak antar bedengan diberi sela 4 meter. Sedangkan jarak tanam dalam setiap bedengan di beri jarak 3 meter.
4. Untuk penyinaran dan tahap panen, sama halnya dengan yang diterapkan di skala rumah tangga. Jika ingin lengkeng ping pong tumbuh optimal, sebaiknya dalam satu pohon tak banyak percabangan. Dengan memotong bagian ranting yang kering, memperbanyak jumlah nutrisi yang masuk.
Tumpang Sari
Dalam skala besar, penggunaan lahan harus ‘benar’ dimanfaatkan. Itu dilakukan, agar lahan bisa berfungsi secara optimal. Seperti halnya penerapan tumpang sari, yaitu satu lahan digunakan untuk menanam beragam tanaman. Namun kolaborasi tanaman yang ditanam sebagai teknik tumpang sari tak boleh semabarangan.
Artinya, kapasitas disesuaikan dengan tanaman inti atau utama. Seperti di lahan lengkeng ping pong, tanaman tumpang sari yang cocok untuk jenis ini adalah jagung dan kedelai, dimana kedua jenis tanaman ini memiliki struktur kecil sebagai penyeimbang tanaman inti. Selain itu, pemilihan jagung sebagai tanaman tumpang sari di lahan lengkeng ping pong juga bertujuan sebagai pengusir gulma.
Seperti diketahui, gulma merupakan tumbuhan pengganggu yang akan menghambat proses pertumbuhan tanaman inti. Dan siapa menyangka, kalau tanaman tumpang sari ini juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman produksi. Tentunya di lahan yang luas, sehingga jumlah tanaman jagung dan kedelai tak sedikit. Besar kemungkinan, tanaman primer ini bisa dijadikan sebagai penghasil tambahan produksi. Seperti kata pepatah, sekali dayung dua pulau terlampaui. Panen jagung dan kedelai oke, semakin klop ditambah dengan panen raya lengkeng ping pong. [santi]
Prediksi Usaha Lengkeng Ping Pong
“Meski masih tergolong varian lengkeng baru yang beredar di Tanah Air, lengkeng ping pong ini diprediksi akan menunjukkan popularitasnya 2-3 tahun ke depan,” ungkap Pembudidaya Lengkeng Ping Pong di Lamongan Jatim, Arif Kresnoadi.
Sesuai dengan hukum pasar yang berlaku selama ini, dimana permintaan tinggi, harga juga tinggi. Artinya, jika stok barang terbatas – tentu berpengaruh pada tingginya harga. Itu sama halnya dengan lengkeng ping pong yang siap unjuk gigi ini. Meski belum memasuki masa panen, harga lengkeng jenis ini bisa dipastikan akan mahal. Terbukti, dari harga buah lengkeng yang diimpor langsung dari negaranya – Vietnam – mencapai Rp 16 ribu per kg-nya.
Bukan tak mungkin, budidaya lengkeng ping pong dapat dijadikan peluang usaha yang menjanjikan. Terpenting yang diperhatikan dalam hal ini adalah menjaga kualitas buah agar tetap ada dalam keadaan optimal.
Tips Pengolahan Pupuk Kandang
Pupuk kandang yang bagus berasal dari kotoran hewan. Namun jangan langsung diterapkan sebagai media tanam bagi lengkeng ping pong. Menurut Arif, ada baiknya kotoran hewan tersebut di kubur dalam tanah selama kurang lebih 1-3 bulan. Hal ini dilakukan sebagai proses fermentasi dari bakteri. [santi]

Klasifikasi Kelengkeng
Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
Sub Kingdom : Tracheobionta (Berpembuluh)
Super Divisio : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio : Magnoliophyta (Berbunga)
Kelas : Magnolopsida
Sub Kelas : Risidae
Ordo : Sapindales
Familia : Sapindaceae
Genus : Euphoria
Spesies : Euphoria Longana (Lour). Steud (plantamor.com)

About these ads

61 thoughts on “Lengkeng Ping Pong”

  1. kayak menarik sekali budidaya klengkeng pimpong. kalau misalnya mau membeli bibit nya. di mana bisa di dapatkan?
    kalau di lamonangan alamatnya di mana ? mohon segera d jawab terimakasih
    coba kontak
    Nama: Tn. Yasir or Arif [Pemilik/Pengusaha]
    Nomer HP: +62-31-71281001 & 031-70322908
    Nomer Telpon: +62-31-5041346
    Nomer Faks: +62-31-5041346
    Alamat: jl bung tomo 15
    surabaya 6000, Jawa Timur – Gerbangkertasusila
    Indonesia

  2. kalau mau beli bisa dikirim ya ke jakarta? berapa harga perpohon ?

    Terima kasih

    Wassalam

    Wardah

    waduh jauh amat yaa….di jkt pasti ada kq…coba aja jalan2 ke sawangan depok…disana ngumpul tanaman hias, landscape ama seklian tanaman buah

  3. saya ingin beli benih lengkeng pimpong 4 pohon aja,
    bisa tidak dikirim ke alamat kami jl. Teuku Umar I-A
    surabaya tlp 031 5683551,60372215 contak : suwignyo
    dn harganya berapa ?……………

  4. Jika membutuhkan bibit lengkeng dataran rendah seperti Diamond River, Pingpong, Itoh, Aroma Durian dan Fuand Ray silahkan hubungi email saya atau HP.081316200600

    Silahkan …………………..

  5. kalau aku pinginnya cari Klengkeng untuk Tabulampot tapi yg sudah bisa mulai belajar berbunga, kira² apa ada yg jual dan harganya berapa ya untuk per pot nya….?

    Trims.

  6. klengkeng dapat berbuah kapan saja (diluar musim) yang dapat diatur jadwalnya( 1bulan berbunga ),kalau untuk penanaman skala besar lebih baik baik karena sepanjang tahun bisa panen,tercatat 150 milyar rupiah dikucurkan negara ini untuk impor klengkeng sayangkan ——– info lebih lanjut untuk membuahkan klengkeng/lengkeng diluar musim dapat menghubungi saya di 081335305438 gratis uji coba dan kunjungan lapangan.trim

  7. Saya ingin pesan 15 pot lengkeng pimpong dan 5 diamond berapa klasifikasi harga, lama berbuah, berapa hari kalo ngirim kebanjarmasin serta ongkos kirimnya

  8. saya mempunyai lahan yang tidak terlalu dan sudah saya tanami jeruk siam sebanyak kurang lebih 150 pohon di daerah cluring Banyuwangi, sekarang ini tinggal separuhnya saja karena mati terkena virus, yang ingin saya tanyakan apakah bisa diganti dengan lengkeng ping pong dan ditumpangsari dengan buah naga ?

  9. Bisakah tanaman lengkeng ditumpang sari dengan buah naga ?

    bisa dong asakan jangan terlalu mepet paling tidak jaraknya 1-2 meter biar gak rebutan makanan

  10. askum mas sy sdh beli bitbit lengkeng pingpong di mekar sari celigsi jawa barat sy tanam di media pot sudah berumur 13 bulan tetapi belum ada tanda2 berbuah tanamannya subur dan lebat daunnya tingginya kurang lebih 1, 5 meter dr pot sinar matahari cukup hanya sj kalau sore pkl 3 sduah terindungi. bagaimana mas supaya lengkeng saya cepat berbuah

    coba aja rangsang dengan pupuk dengan kadar P lebih besar

  11. Saya memiliki sebidang tanah sktr 2 Ha di daerah Garut, tanah berkontur, ketinggian 600-700 m dpl. Mohon saran/arahan tentang jenis lengkeng yang cocok untuk saya tanam dilahan saya tsb dan apakah saya bisa membeli bibit lengkeng dari Bapak ? Trm ksh.

  12. saya mau tanya kalau di bandung ada enggak tempat penjualan bibit lengkeng pingpong dan diamond serta harganya berapa ? terima kasih

  13. Mau nanya nih pak, ada ndak jenis lengkeng yang dapat tumbuh baik pada ketinggian 800-1200 dpl. apa ada perlakuan khusus

  14. malam,
    saya penggemar tanaman. ada rencana budidaya lengkeng, khususnya pingpong. Ada kenalan dari ponorogo. dia menyediakan bibit unggul, dipatok dengan harga sekitar Rp 75 ribu. Tapi saya khawatir, model penjual sekarang pinter bicara. Supaya meminimalisir kerugian, bagaimana caranya dan tips untuk sukses budidaya (skala kecil).bagaimana dengan kondisi tanah di tulungagung (dataran rendah), apakah cocok dengan varietas ini.mohon replynya ya?(lewat email).thanks

  15. mas,…. saya punya lengkeng itoh dalam pot, media tanam yang baik dalam pot apa saja campurannya msa.. trims..

  16. Saya tinggal di Prabumulih (Sumatera Selatan). Saya baru tanam bibit lengkeng pingpong sebanyak 12 batang di halaman belakang rumah saya. Namun, setelah tiga hari tanam, terlihat semua daun kering seperti terbakar matahari. Apakah yang harus saya lakukan? Apakah disebabkan oleh sinar matahari? Perlukah dikasih pelindung, agar tidak terkena sinar matahari langsung?

    Selain lengkeng pingpong, saya juga tanam varietas Itoh sebanyak 10 batang. Saya dengar varietas Itoh harus dirangsang pembuahannya dengan KCL03. Apakah KCL03 ini? Apakah sama dengan Potasium (putas) yang biasa dipakai oleh penduduk lokal untuk meracuni ikan di sungai? Bagaimana cara aplikasinya dan berapa dosis yang harus diaplikasikan per pohon.

    Maaf pertanyaannya seabreg nih….

    Terima kasih atas jawabannya.

    Salam,
    Ferdy

  17. semangat terus….
    saya ingin sekali menanam lengkeng Diamon River (DR) dilahan saya – + 2 Ha. yang ingin saya tanyakan apa lahan gambut cocok untuk budidaya lengkeng dan kalau bisa berapa jarak yang baik untuk lahan tsb. Tq for all…

  18. semangat terus….
    saya ingin sekali menanam lengkeng Diamon River (DR) dilahan saya – + 2 Ha. yang ingin saya tanyakan apa lahan gambut cocok untuk budidaya lengkeng dan kalau bisa berapa jarak tanam yang baik untuk lahan tsb. Tq for all…

  19. Semangat Terus….
    kebetulan saya dari kalbar udah lama sekali ingin membudidayakan lengkeng Diamon River (DR) dilahan yang luasnya sekitar 2 Ha, yang saya ingin tanyakan apa cocok lengkeng DR ditanam dilahan gambut dan kalau cocok berapa jarak tanam yang ideal…Tq for all….

    1. siang pak Herry perkenalkan sy merry, sy ingin menawarkan pupuk organik HANTU.

      mgkn bpk pernah dgr pupuk Hantu? Hantu terbuat dari bhn SIRIH MERAH,MADU, BROTOWALI .

      sedangkan menurut penelitian Departemen Pertanian Hantu mengandung GIBERELLIN,AUKSIN,SITOKININ
      yang mana semua kandungan Hantu tsb bermanfaat untuk perkembangan tanaman baik akar,batang maupun buahnya.

      jika berminat bs hub sy di 0812 8039 7059

  20. Saya baru baca2 aja, mau jg tuh usaha lengkeng. Mohon nanti klo dah siap release dibantu konsulnya ya mas. Terima kasih sebelumnya

    @tarmizi
    klo ga salah, di Bandung saya pernah lihat toko Trubus, mungkin bisa diperiksa ke sana.

  21. @tarmizi
    oh ya lupa ngasih alamat Toko Trubusnya di jln terusan pasteur yg mo ke tol Pasteur itu lho…tepatnya di Mall Giant Parkir Timur.

  22. Fenomenal memang jenis lengkeng yang satu ini ” Lengkeng Pingpong “. Di tempat kamipun – ” Bambu Kuning Nature” buah ini sangat cepat berbuah – dari bibit asal Stek sambung – kurang dari satu tahun sudah belajar berbunga – berbuah. Bagi Rekan – rekan yang ingin mengembangkan jenis ini, kamipun menyediakan bibit dalam skala besar – kecil ( grosir – eceran ) dan siap kirim ke seluruh Nusantara. Kunjungi kami di http://www.bambu-kuning.blogspot.com atau hubungi saya ( Kuswantoro ) Hp. 081213536600.

    1. Siang..pak Kuswantoro..perkenalkan sy merry sy agen pupuk organik merk Hantu,yang mana hantu itu cocok skali untuk sgla jenis tanaman baik tanaman hias maupun tanaman

      perkebunan. pupuk Hantu tersebut terbuat dr bahan2 antara lain SIRIH MERAH ,MADU,BROTOWALI .

      Mnurut hasil penelitian departemen pertanian hantu mengandung: GIBERELLIN, AUKSIN,SITOKININ.

      HARGA KOMPETITIF !!! jika berminat silakan hub di 0812 8039 7059

  23. hi sahabt smua gini sy punya lengkeng pingpong berumur 2 thn tinggi 1,5 m dimedia pot saat ini daunnya menguning dan kering dibwah daun ada bintik2 hitam gmn ya cara mengatasinya apah tanaman sy mau mti padahal sy selalu merawatnya dengan baik mohon pencerahannya

  24. Om, mo nanya nih pupuk apa yang harus diberikan dan bagaimana dosisnya tuk ngerangsang lengkeng pingpong cepat berbuah
    trims

  25. Halo Fitriuzi…ini kemungkinan solusi yang bisa di laksanakan ( maaf bukan ngguruin ya )
    1. Yang pertama daun kuning dan kering kemungkinan unsur hara di media tanam sudah tidak ada jadi perlu di ganti baru.
    2. Dim pot kmungkinan kurang besar sehingga perakaran terganggu sehingga media sudah di penuhi akar dan ujungnya unsur hara habis.
    3. Media tidak poros sehingga kandungan air mengendap di bawah media dan menyebabkan akar busuk.
    4. Kemungkinan diantara 1,2 dan 3 di tambah ada kutu yang biasa suka di daun pingpong ( kutu putih – putih kecil di balik daun ). Nah kutu ini agak bandel tetapi saya sudah menemukan obatnya ( maaf tidak bisa saya sampaikan – dikira promosi ), kalau berkenan hubungi di email saya.

    Jadi penangannya media tanam di ganti ( ppuk kandang+ sekam bakar-biasa+tanah gembur + kapur dolomit ).Potnya juga harus disesuaian ( minimal pot Dim 70cm ).Daunya agak di kurangin biar memacu tunas baru.Jangan lupa pakai obat yang sudah saya buktikan tadi.
    Demikian terimakasih semoga bermanfaat.

  26. saya juga peminat kelengkeng, sekarang sedang mengusahakan persiapan lahan untuk display dan penjualan tanaman buah-2an khususnya kelengkeng, serta tanaman buah dan bibit kayu.. bergabung ke facebookmya agro_Dora..
    agro_dora@yahoo.co.id
    saya membuka usaha penjualan di Jalan lingkar selatan, singosaren Bantul Yogyakarta,
    dan di Jl. Magelang Purworejo Km 12,5 Karangsari Tanggulrejo Tempuran Magelang,,,

  27. TRN ( Tikung Raya Nursery ) Tikung-Lamongan Jatim punya klengkeng Pinpong “Finall stock” bijinya tdk bisa disemaikan, kalau ada yang berminat bisa hub. Indi Black (0812341000) dan Suryo (08123450000) salam

  28. slam sejahtera,
    saya sangat tertarik dengan perkebunan lengkeng dataran rendah.saya berencana mengebunkan dalam skala besar,lokasi di jambi dan palembang,kira2 dimana lokasi yg terdekat untuk membeli bibit pingpong,diamond river dan itoh,dan petunjuk-petunjuk untuk berkebun lengkeng secara lengkap.
    atas petunjuknya saya ucapkan terima kasih.

  29. Saya di Sumatra Barat , dimana paling dakat untuk mendapatkan Jenis kelengkeng pingpong dan diamond . Kalau mau pesan gimana caranya dan berapa per batng harganya. Trims.

  30. Menarik sekali budidaya klengkeng pimpong. info awal LP ini saya nonton di TVRI pagi 11-09-2009. Kalau misalnya mau membeli bibit nya. di mana bisa di dapatkan?
    kalau di Parepare, sulawesi selatan alamatnya di mana ? mohon d jawab terimakasih

  31. hello bos
    my family penggemar berat buah lengkeng, begitu tahu ada bibit unggul, jadi pengen menanam sendiri, siapa tahu bisa jd rezeki krn di sini jarang ada yg jual buahnya.
    kami tinggal di gorontalo, sulawesi utara, pinggir laut sih tp dikelilingi bukit,
    rencananya mo pesan bibit, sekarang berapa ya harganya per pohon n ongkos kirim ke gorontalo, berapa duit ya?

  32. boleh saya tau alamat lamonganya di mana,saya tertarik untuk melihat langsung dan berkunjung ke sana…??
    terimakasih…!!!!!!

  33. askum.
    sekedar berbagi dan bertannya, lengkengku br berbunga, tapi pertumbuhan dan daunnya sangat bagus, padahal sering sikasih bubuk gergaji yang masih baru walau menurut saya berbahaya sebelum pembusukan, tujuannya biar ringan karena menggunakan media pot.

    apa benar lengkeng yang ditanam tunggal tidak berbuah lantaran perlu perkawinan?

    tolong yang bisa jawab.
    trimaksh

  34. tanaman kelengkeng saya umurnya 2thn dalam pot sdh berbuah tapi jarang skrng berbunga lagi tidak jadi buah ahmad dumai riau 081365353363 mohon petunjuknya

  35. Saya punya lahan di Gresik utara, cukup lumayan. Apkah bisa ditanami lengkeng pingpong? Mhn informasi di Lamongan mana perkebunan lengkeng tersebut…..? Apakah kami bisa hanting dan survey lapangan? Trims…

  36. Saya mau berbagi pengalaman, saya punya satu pohon lengkeng pingpong dalam pot yang saat ini sedang berbuah dan berbunga. April 2008 saya beli seharga 200ribu dan ini kali kedua berbunga dimana bunga pertama tahun lalu rontok. Posisi Subang yang berada di dataran rendah sepertinya mendukung tanaman ini. Tidak perlu menanam sepasang lengkeng untuk berbuah. Media tanam terdiri atas campuran: tanah, sekam bakar dan kotoran domba (lebih baik yang telah menjadi kompos). Sesekali di beri pupuk NPK. Tanaman harus mendapatkan sinar matahari penuh dan di-siram apabila tidak hujan. Sesekali pemangkasan dilakukan untuk memperbanyak cabang. Di tempat penjualan bibit di Purwakarta, bibit lengkeng dataran rendah seperti pingpong dan diamond-river dihargai sampai 300ribu dan yang telah berbuah di dalam pot (drum) dihargai 1,5juta.

  37. assalammualaikum,,
    saya ingin tanya..
    kira2 kalau saya ingin beli buah lengkeng diamond river sebanyak 5 kilo bisa g’ ya???

    soalnya nanti saya mau melakuka penelitian tentang lengkeng itu..

    mohon jawabannya secepatnya ya…

    wassalam…

  38. Ass.wrb bagai mana cara saya bisa medapatkan bibit lengkeng dari bapak alamat saya makassar jl.pol andi mappaoddang 2/ no.7 hp 08114103989.mohon petunjuk dan responya terimah kasih banyak atas kerja samanya wassalam hormat saya

  39. Klu utk daerah Kalimantan Timur kira” kelengkeng jenis atau varietas apa ya yg cocok di tanam,,..? mhn jwbanx (sugeng.pamungkas@ymail.com) Trksh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s