PPBI Sidoarjo, Jatim

Kejar Kualitas dengan Pertemuan Rutin
Bonsai erat kaitannya dengan karya seni. Sementara karya seni adalah satu produk yang terus mengalami perubahan seiring jaman. Di situ, para pebonsai dituntut untuk bisa mengikuti alur dari perubahan yang ada, sehingga pelatihan dan terus belajar wajib dilakukan pecinta bonsai untuk menghasilkan karya hebat.
Atas dasar itu, membuat Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim) mengagendakan pertemuan satu bulan sekali membahas tentang segala hal yang berhubungan dengan bonsai. Hasilnya luar biasa, dimana cabang yang saat ini diketuai oleh Husny Bahasuan mulai tahun 2007 ini termasuk dalam komunitas bonsai paling aktif di Indonesia.


“Setiap hari sabtu-minggu kedua, kami agendakan semua anggota untuk bertemu dan membahas tentang problem yang muncul saat pembuatan bonsai,” kata Husny.

“Namun tentu tak mudah untuk mendatangkan anggota yang punya kesibukan sendiri, sehingga dihadirkan juga satu narasumber/pakar sebagai daya tarik,” lanjutnya.
Di situ, setiap pertemuan sumber yang didatangkan selalu baru dan berbeda. Tujuannya, tentu untuk menghadirkan satu produk/pengetahuan baru serta menghindari kejenuhan. Sebab sebagai satu produk seni dan botani, narasumber yang didatangkan bisa dari beragam profesi, mulai dari pakar bonsai, ahli pertanian sampai fotografer.
Contohnya, saat pertemuan bulan Maret ini – pertemuan diisi dengan diklat tentang sistem penjurian dan bagaimana membentuk bonsai dari bakalan. Di situ, anggota bisa berbagi pengalaman untuk membuat bonsai yang masuk dalam kategori juara.
“Ke depan, kami akan undang fotografer sebagai sumber saat pertemuan,” tandas Husny.

Lalu, apa hubungannya bonsai dengan fotografi? Jawabannya sangat penting. Sebab, dalam bonsai membutuhkan satu sudut pandang. Di situ, sudut pandang adalah tempat paling baik untuk melihat bonsai yang biasanya disebut juga sebagai muka bonsai. Nah, di bagian ini memerlukan juga pandangan dari fotografi apakah sudah baik atau belum. Sebab, ada jenis bonsai yang terlihat bagus, tapi jelek saat ditampikan dalam bingkai foto.
Respon Positif
Pertemuan yang sudah berjalan sejak Mei 2007 ini tak pelak membuat PPBI Sidoarjo banyak mendapat respon positif, dimana setiap pertemuan dipastikan ada puluhan orang yang hadir, baik anggota maupun dari penghobi yang ingin menimba ilmu. Bahkan ada penghobi bonsai dari luar kota dan luar pulau yang ingin jadi anggota dari program kerja yang sudah berjalan.
“Target kami setiap anggota mampu untuk membuat bonsai,” tandas Husny. “Sebab, untuk menghasilkan satu karya bonsai membutuhkan banyak masukan, terutama dari pengalaman para senior. Apalagi saat ini bonsai sangat sulit untuk dikembangkan secara komersial,” tambahnya.
Pengembangan komersial ini memang jadi satu kendala yang sangat besar, karena untuk membuat bonsai biaya yang dikeluarkan tak sedikit – mulai dari membeli bakalan, peralatan hingga mendatangkan trainer. Semuanya membutuhkan biaya, sedangkan untuk menjual tidak bisa semudah tanaman lainnya.
Untuk proses evaluasi sendiri, PPBI sudah menyiapkan even di bulan April mendatang untuk menampilkan semua koleksi bonsai dari anggota. Namun konsep yang diambil bukan kontes, tapi lebih dekat dengan apresiasi, sehingga apapun dan bagaimanapun bentuk bonsai tetap bisa ditampilkan.
Proses ini dinilai sangat penting untuk menumbuhkan kepercayaan diri, terutama bagi pemula yang sering takut untuk mengikuti kontes. Jadi, gelaran ini selain melihat hasil dari karya anggota, juga sebagi alat untuk meningkatkan kualitas. [wo2k]

About these ads

5 thoughts on “PPBI Sidoarjo, Jatim”

  1. Selamat core Ibu Wenas, Bapak Silis dkk…..
    Salam hormat untuk semuanya, mohon maaf saya sudah lama tidak gabung di club krn lagi Dik Seskoal.
    Selamat berkarya, salam kenal untuk Pengurus PPBI Sidoarjo, Jawa Timur.
    Maju terus……….

    akan kami sampaikan…tks

  2. Pretty nice post. I just stumbled upon your weblog and wished to say that I’ve really
    loved browsing your weblog posts. After all I will be subscribing to your feed and I am hoping you write once more very soon!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s