Lebih dekat dengan Anthurium


Anthurium termasuk tanaman dari keluarga Araceae. Tanaman berdaun indah ini masih berkerabat dengan sejumlah tanaman hias populer semacam aglaonema, philodendron,keladi hias, dan alokasia. Dalam keluarga araceae, anthurium adalah genus dengan jumlah jenis terbanyak. Diperkirakan ada sekitar 1000 jenis anggota marga anthurium.

Anthurium termasuk jenis tanaman evergreen atau tidak mengenal masa dormansi. Di alam, biasanya tanaman ini hidup secara epifit dengan menempel di batang pohon. Dapat juga hidup secara terestrial di dasar hutan.

Daya tarik utama dari anthurium adalah bentuk daunnya yang indah, unik, dan bervariasi. Daun umumnya berwarna hijau tua dengan urat dan tulang daun besar dan menonjol. Sehingga membuat sosok tanaman ini tampak kekar namun tetap memancarkan keanggunan tatkala dewasa. Tidak heran bila tanaman ini memiliki kesan mewah dan eksklusif.

Dimasa lalu, anthurium banyak menjadi hiasan taman dan istana kerajaan-kerajaan di Jawa. Konon, dipuja sebagai tanaman para raja.

Secara umum anthurium dibedakan menjadi dua yaitu jenis anthurium daun dan jenis anthurium bunga. Anthurium daun memiliki daya pikat terutama dari bentuk-bentuk daunya yang istimewa. Sedangkan anthurium bunga lebih menonjolkan keragaman bunga baik hasil hibrid maupun spesies. Biasanya jenis anthurium bunga dijadikan untuk bunga potong.

Diperoleh dari “http://id.wikipedia.org/wiki/Anthurium”


15 thoughts on “Lebih dekat dengan Anthurium”

  1. mau nanya gimana cara menyemaikan anthurium dari bijinya? trus kalo kebetulan tongkol yang kita petik ternyata belum cukup umur ( belum masak ) tapi udah berwarna merah, apakah hasilnya kurang bagus ? thanks atas tanggapanya.
    soalnya trus terang saya baru aja tertarik ama yang namanya bunga2an.

  2. gimana sih cara mempercepat pertumbuhan anthurium gelombang cinta?ada berapa macam jenis gelombang cinta?perbedaan gelombang cinta jenis giant sama brasilia?terus sama cara supaya bisa keluar tonggol yang bisa berisi ?a baru tertarik sm anthurium jenis gelombang cinta.trimakasih

  3. ass.
    saya bingung nih saya punya tanaman gelombang cinta tapi saya suka siramin tapi salah satu tanamannya ada yang layu.saya pengen tahu bagaimana agar tanaman saya g layu.trims…

  4. anthurium garuda yg saya mliki mulai besar jd saya ganti dgn media yg lbh besar.medianya saya ganti dengan pakis+sedikit pupuk kompos. tp setelah itu akar jd busuk.terus cara agar g mati gmn?

  5. saya juga sama punya anthurium dari biji, bagaimana cara membuat ramuan media yang sehat buat anthurium saya! makasih banyak

  6. Saya punya gekombangcinta, apa campuran median yang baik dan cara perawatannya sekalian pupuknya supaya cepat besar, terima kasih, matur suwun

  7. Media untuk anthurium sebaiknya disesuaikan dg habitatnya. Pakis, merupakan media yg paling baik. Tetapi, jika tidak ada, bisa juga dg menggunakan campuran arang dan sekam. Media ini juga baik untuk pertumbuhan anthurium.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s