Anthurium Lidah Naga

gelcin lidah naga

Daun Cacat, Mirip Lidah Reptil

Sekilas melihat, mungkin Anda sudah paham mengapa anthurium ini disebut dengan julukan lidah naga. Ujung daun bercabang dan struktur daunnya bergelombang bak api yang tersembur dari mulut binatang legendaris – naga.

Sama dengan jenis yang lain, anthurium lidah naga juga masih keluarga dari araceae. Daunnya lebar, batang kuat, dan serat masih jadi keistimewaan pada jenis ini. Namun ada satu hal yang membedakan jenis ini dengan yang lain, yaitu sifatnya yang menyimpang.
Jika dilihat sepintas, kita sedang berhadapan dengan anthurium yang sudah tak asing lagi. Lekuk daun yang khas dengan list daun bak sekat, membuat tanaman ini mirip dengan tanaman sejuta umat – gelombang cinta (karena saat ini harganya paling murah dibanding dengan jenis yang lain).
Ronny Tangguh Santoso, Pemilik Lidah Naga, mengatakan meski banyak sifatnya mendekati gelombang cinta, tapi karena sobek alami yang terjadi di ujung daun, membuat sebuatan untuk jenis ini berbeda. Daun pada jenis ini terlihat segar dengan warna hijau dan list di daun yang terlihat dominan dengan warna putihnya, sehingga serat yang terlihat tak begitu dominant, karena ketebalan list ini.Tumbuh normalnya sekitar 1 meter di usia 2,5 tahun, membuat jenis ini berkembang seperti yang lain. Hanya sifat yang berbeda karena kelainan genetic, membuat tanaman ini berbeda.

Muncul karena Kelainan Gen

Daun yang muncul dan bercabang pada jenis ini seolah-olah keluar, karena kecelakaan atau kesengajaan pemilik untuk membuat keadaan tanaman ini sedemikian rupa. Namun apa yang terjadi amat menarik, karena hal ini terjadi secara alamiah dan tak hanya terjadi pada satu-dua daun.

Seperti halnya kecacatan yang lain, fenomena lidah naga dilator-belakangi oleh kelainan genetik yang terjadi. Itu biasa terjadi dan ditandai oleh perubahan warna dan bentuk daun yang lain dari pada yang lain. Lucunya, hal ini yang dipercaya orang sebagai jenis yang bisa meninggikan gengsi si pemilik, karena jumlahnya yang terbatas.

Sebagaimana kejadian alam, umumnya anthurium cacat tak bisa dibentuk sendiri, meski beberapa fenomena bisa disengaja (meski terlihat alami), dengan mengukur kebiasaan dan penggunaan bahan tertentu.

“Biasanya penggunaan pestisida yang berlebih pada satu jenis tanaman, bisa berakibat pada perubahan warna daun. Namun biasanya, itu tak bisa berlangsung lama. Setelah beberapa bulan dipelihara, warna yang muncul akan kembali normal,” kata Ahli Botanical Indonesia di Bogor, Gregori Garnadi Hambali. 

Selain lidah naga, ada juga beberapa anthurium yang mengalami kecacatan yang dapat banyak pujian dari pecinta anthurium. Sebut saja, anthurium pocong (daun variegata yang berwarna putih sepenuhnya), jenmani mawar (dengan durinya yang khas), anthurium hitam (daun hitam), burgundi (daun berwarna ungu), dan anthurium pelangi.  

Satu hal yang pasti, mesti sudah sering melihat keanehan anthurium, tapi tetap sifat yang nyleneh ini berdampak pada peningkatan harga jual. Jadi, jika Anda memiliki anthurium cacat, jangan merasa sedih, karena bisa jadi hal tersebut adalah anugerah yang bisa saja menambah pundi-pundi rupiah Anda.

Sering Ditawar Harga Tinggi
Dalam dunia tanaman hias, khususnya anthurium, hukum pasar yang dianut seringkali melawan arus. Artinya, kualitas dari tanaman sering dilihat dengan sudut pandang estetika, sehingga barang cacat (jauh dari kesan berkualitas pada umumnya) malah dianggap lebih baik. Seperti halnya dengan nasib anthurium yang lain, kecacatan yang terjadi secara alamiah, membuat jenis ini berharga lebih. Albino misalnya, kurangnya jumlah klorofil pada daun menyebabkan warna daun tak biasa (biasanya putih atau kuning).Hal itu yang biasa disebut dengan jenis variegata oleh banyak orang. Biasanya jika dibandingkan dengan ukuran yang sama (dari postur usia dan struktur) harga yang ditawarkan bisa berlipat. Hal yang sama juga terjadi pada anthurium lidah naga ini. Meski awalnya (indukan) berasal dari gelombang cinta, hanya karena cacat pada ujung lidahnya, harga yang ditawarkan pun masih tinggi (paling tidak bila dibandingkan dengan harga gelombang cinta).“Untuk koleksi kita yang satu ini, kita melepas dengan harga Rp 15 juta. Pernah sempat ada yang tawar dengan harga Rp 10 juta, tapi tak kita lepas, karena ini koleksi satu-satunya,” ujar Ronny.Harga yang fantastis, mengingat harga gelombang cinta untuk usia 2,5 tahun dengan tinggi dan jumlah daun yang sama biasanya dijual tak sampai Rp 5 juta per potnya. Namun jika kita melihat lebih dalam, harga ini sekiranya pantas, mengingat budidaya tanaman ini yang belum melalui pemuliaan sempurna.Anthurium lidah naga, pada dasarnya masih bersifat hibrid (silangan) dan jauh dari kesan speci. Untuk itulah, dalam berbudidaya anakan yang muncul belum tentu memiliki sifat yang sama dengan indukan. Dan biasanya, dari beberapa anakan yang dihasilkan, hanya beberapa yang memiliki gen yang sama. [adi]

Ciri Spesifikasi Lidah Naga

  1. Lidahnya bercabang pada ujung. Biasanya garis cabang bisa sampai seper-sepuluh dari panjang daun. Inilah ciri utama pada jenis ini, sekaligus mengapa jenis ini bisa disebut sebagai lidah naga.
  2. Biasanya, sifat yang sama juga sering dimiliki oleh jenis jenmanii. Tentu saja dengan nama yang berbeda. Namun untuk jenis gelombang cinta, biasanya karakter daun mirip dengan jenis brazilian.
  3. Umumnya, untuk mendapatkan jenis ini di usia muda atau belum genap satu tahun, sedikit susah. Sebab biasanya, perlu ketelitian dan jaminan cabang yang ada setelah usia satu tahun lebih. Namun untuk tanda awalnya, biasanya dapat dilihat dari garis (semacam list pada daun) yang menjorok ke bagian dalam daun (dari atas). Tapi tak jarang, sobek sudah ada sejak kecil.
  4. Jangan mudah tertipu dengan embel-embel lidah naga. Usahakan mengecek sobekkan. Jika ada list yang mengering dan bekas luka, bisa jadi bagian ini sengaja dibuat oleh si pedagang sendiri. [adi]

One thought on “Anthurium Lidah Naga”

  1. salam..

    saat ini saya menjual CD cara berkebun anthurium yang benar, hanya dengan harga 60 ribu/CD (sdh msk ongkos krm). CD bukan berisi ebook PDF atau paparan data melainkan video interaktif/audio visual bagaimana prakteknya langsung di lapangan. dan ada juga buku panduannya (berwarna + bergambar) harga 60 ribu.

    jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.

    terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s