Kejar Kontes dan Bursa Tingkat Nasional

Program Kerja KAI Boyolali
Komunitas Anthurium Indonesia (KAI) sepertinya ingin jadi satu komunitas tanaman hias yang besar dan kompak. Di situ, para pengurusnya terus melebarkan sayap dan jaringan untuk meningkatkan kualitas, baik dari organisasi maupun dari produk anthurium sendiri.

Setelah merampungkan draft penilaian kontes dan cara penyelenggaraan, KAI juga terus membuka cabang di kota yang punya potensi pengembangan anthurium. Setelah menunjuk Semarang sebagai pusat dari KAI, maka beberapa daerah terus dikembangankan untuk memiliki komunitas yang sama.

Di Jawa Tengah (Jateng) sendiri, komunitas anthurium terakhir yang dibentuk berasal dari Boyolali yang memang dikenal juga sebagai produsen anthurium. Selain itu, di kota ini juga banyak dijumpai penghobi berat tanaman daun, sehingga sangat wajar bila dibentuk KAI untuk wilayah Boyolali.

Pembentukan KAI di Boyolali ini memang sudah dinantikan oleh banyak kalangan, apalagi sebelumnya anthurium sudah cukup dikenal dan jadi satu tanaman hias yang cukup digemari. Terlebih dengan potensi pengembangan di sektor bisnis yang mendatangkan keuntungan cukup besar.

Tepatnya pada tanggal 20 Januari 2008, berbarengan dengan konsolidasi organisasi, Pengurus Pusat Komunitas Anthurium Indonesia dikukuhkan juga Pengurus Cabang KAI Kabupaten Boyolali periode 2007-2011, dengan ketua yang terpilih adalah Purwanto. Pengurus yang dilantik kali ini juga cukup menarik. Sebab, mengumpulkan semua latar belakang berbeda.

iantaranya ada yang menjabat sebagai birokrat. Selain itu, beberapa juga bekerja sebagai pengusaha. Bahkan ada beberapa yang menjabat sebagai anggota POLRI dan pensiunan. Sementara untuk anggota lainnya, diisi oleh tokoh LSM dan masyarakat umum lainnya. Sedangkan ketua yang terpilih saat ini masih menjabat sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boyolali.

Meski dari beragam profesi, tapi diakui oleh Purwanto kalau ini akan jadi satu senjata yang ampuh untuk mengembangkan anthurium, khususnya di Boyolali. Sebab, dari beragamnya profesi, maka akan lebih banyak celah dan jalan untuk memecahkan masalah yang ada.

Langkah awal yang akan diambil adalah dengan mensosialisasikan visi, misi serta program kerja dari KAI. Sasarannya tentu pada semua komponen masyarakat, terutama penghobi dan pebinsis anthurium. Ini cukup penting dilakukan, agar tercipta satu kondisi yang harmonis antar pedagang dan penghobi.

Selanjutnya yang tak kalah penting adalah proses sosialisasi pada kalangan pemerintahan dan birokrat di lingkungan Boyolali. Sebab, ke depan KAI Boyolali sudah mempersiapkan satu even yang mengambil lokasi di lingkungan pemerintahan. Target ke depan adalah dukungan dari Pemerintah Daerah (Pemda) untuk memajukan komunitas anthurium, mulai dari petani, pedagang, dan tentunya penghobi. Terlebih KAI segera menggelar even skala lokal yang mengambil lokasi di Komplek Kantor Pemda Kabupaten Boyolali.

“Kami optimis, KAI Boyolali bisa maju dengan dukungan Pemda,” imbuh Purwanto.

Apalagi saat ini Wakil Bupati Boyolali , Seno Samodro, memberikan dukungan penuh pada KAI untuk melakukan programnya. Terlebih dari kondisi geografis berbatasan langsung dengan Kabupaten Karanganyar yang jadi sentra anthurium di Jateng. Untuk program selanjutnya, Purwanto mengaku ke depan pihaknya akan mempersiapkan satu even berskala nasional yang akan digelar di Boyolali. Di situ, nantinya akan dipersiapkan bursa dan tentunya kontes anthurium. Sebab, komunitas baru bukan jadi kendala untuk melangkah dan menghasilkan satu hasil kerja yang baik. [wo2k]

One thought on “Kejar Kontes dan Bursa Tingkat Nasional”

  1. akan hadir pameran tanaman hias tingkat nasional di carrefour kiaracondong, Jl.Soekarno-hatta, Bandung
    adapun contest berkategori bebas dan unik (anthurium, sansivera, kuping gajah)

    Contact person :
    Sekertariat
    Jl. Mars Tengah 49,
    Margahayu Bandung
    Bu Evi
    081322515196
    022-7506350

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s