Membuat Silangan Adenium

Mudah dengan Hasil Tak Terduga
Bunga adenium memang indah untuk dinikmati apalagi bila dari hasil silangan yang tentunya tidak semua orang mempunyai. Tapi untuk mendapatkan bunga hasil silangan kita harus merogoh kocek lebih dalam karena harga jual jelas diatas bunga biasa. Solusi tepat adalah melakukan silangan sendiri dari koleksi bunga adenium yang Anda miliki.
Membuat silangan bunga adenium bukan hanya milik para penjual sebab proses ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Dengan melakukan silangan sendiri hasil yang didapatkan tentu akan jauh lebih memuaskan. Selain itu dengan makin banyak melakukan percobaan maka secara otomatis ilmu yang dimiliki akan lebih banyak.
Yang harus di persiapkan saat melakukan silangan adalah adenium yang sudah berbunga setidaknya lebih dari empat buah. Tujuannya untuk memperbanyak kemungkinan supaya angka keberhasilan akan jauh lebih tinggi. Adenium bunga tentu harus lebih dari satu pohon dan punya karakter bunga yang berbeda. Perbedaan disini bisa dari warna bunga, jumlah kelopak dan bentuk kelopak.
Hasil Belum Tentu Sama
Dalam melakukan silangan hampir sebagian besar menginginkan adanya kombinasi warna dari bunga silangan. Memang untuk beberapa kasus warna bisa keluar sesuai dengan keinginan namun lebih banyak yang mendapatkan kejutan karena warna yang keluar sama sekali tidak sama dengan indukan.
Atex Wiyono dari Perhimpunan Pecinta Adeium Indonesia Jatim, mengakui bahwa kombinasi warna bunga silangan maksimal hanya 30 % yang bisa sesuai dengan keinginan. Selebihnya 70% akan menyimpang dari silangan bahkan ada yang punya karakter semuanya berbeda.
Dari teori Hukum Medel dimana, jika sepasang gen merupakan dua alel yang berbeda, alel dominan akan terekspresikan. Sedangkan alel resesif yang tidak terekspresikan, tetap akan diwariskan pada gamet yang dibentuk. Disitu bunga yang dihasilkan tidak selalu seperti hukum matematika dimana 1+1=2, tapi berdasarkan pencampuran genetik.
Jadi saat melakukan silangan hasil bunga yang keluar bisa saja dari indukan sebelumnya karena masih ada genetik yang dibawa. Sehingga di beberapa kasus silangan adenium sama sekali tidak mencerminkan kedua induk. Bahkan ada yang mengikuti indukan dari induk yang disilangkan karena genetiknya lebih dominan.
Hasil bisa sesuai dengan keinginan asalkan kedua indukan merupakan spesies asli. Dengan artian bunga yang dihasilkan bukan dari silangan atau sambungan. Karena dengan mendapatkan tanaman yang asli, genetik yang dihasilkan akan lebih dominan dan hasilnya lebih banyak sesuai dengan harapan.
Dari cara genetik dalam penyilangan bunga bagi Anda pecinta adenium pasti akan tumbuh rasa penasaran dan merasa tertantang untuk menemukan satu jenis silangan. Apalagi saat ini bunga adenium sedang mendapatkan permintaan yang cukup besar. Jadi selain menyenangkan secara bisnis juga bisa menguntungkan.
Saat bunga pertama hasil silangan muncul dan menghasilkan warna baru jangan senang dulu sebab untuk adenium minimal harus menunggu sampai bunga keempat. Alasannya untuk bunga pertama sampai ketiga merupakan tahap penyesuaian dan sangat besar terjadi perubahan warna karena belum stabil. Disitu saat bunga empat dan kelima muncul itu menjadi paotokan warna asli dari hasil silangan.
Silangkan Adenium
Untuk proses penyilangan adenium peralatan yang di perlukan cukup sederhana yaitu cukup dengan tusuk gigi dan tentunya bunga yang akan disilangkan.
1.    Siapkan bunga yang sudah mekar, minimal ada empat sampai lima bunga dalam satu pohon. Tujuannya untuk memudahkan dalam mencari serbuk sari dan kepala putik.
2.    Untuk mengambil serbuk sari cari bunga yang sudah mekar antara 3-4 hari, sebab serbuk sari yang keluar masih belum kering untuk memudahkan pengambilan
3.    Tarik kelopak adenium mengarah ke bagian bawah daun hingga tersobek. Usahakan jangan terlalu kebawah karena bisa merusak struktur bunga. Karena hanya dimabil serbuk sari saja lebih mudah bisa bunga langsung dipetik.
4.    Setelah itu cari pada bagian dalam dan tengah bunga yang berbentuk meruncing keatas dengan bulu diatasnya.
5.    Ambil serbuk yang berbentuk cairan di permukaan bagian yang runcing didalam bunga tersebut dengan menggunakan tusuk gigi. Bila anda mempunyai kuku yang panjang bisa diambil dengan kuku dan selanjutnya diterukan pada ujung tusuk gigi. Pengunaan tusuk gigi karena lebih praktis dan punya ujung yang runcing sehingga memudahkan masuk pada bagian yang kecil.
6.    Selanjutnya siapkan bunga yang akan dikawinkan. Untuk putik yang matang cari yang sudha berbunga antara 4- 5 hari. Tarik kelopak bunga hingga sobek sampai ke bagian bawah. Tapi ingat bahwa bunga jangan dipetik atau ruska pad abagian bawah  karena selanjutnya akan menjadi biji.
7.    Tekan sedikit pada bagian bawah bunga agar ujung runcing yang berada di bagian dalam bunga bisa membuka dan memperlihatkan kepala putik.
8.    Setelah terbuka masukkan tusuk gigi yang berisi serbuk kedalam kepala putik secara hati-hati. Lebih baik bagian serbuk hanya menyentuh saja tidak dengan menekan karena kepala putik sangat rentan terhadap ganguan dari luar.
9.    Setelah berhasil simpan bunga silangan ditempat yang teduh namun tetap terkena sinar matahari. Siram saja pada media tanam dan hindari bunga terkena air karena bisa menghambat pertumbuhan biji. Lebih baik bila adenium diletakan dibawah plastik UV dimana tetap mendapat sinar namun terhindar dari hujan.
Proses penyilangan sendiri lebih baik bila mengambil waktu saat pagi hari. Tunggu beberapa hari setelah bunga rontok akan terlihat tumbuh tongkol tempat biji adenium. Selanjutnya biji akan matang antara 2-3 bulan. Setelah disemai antara 7-8 bulan adenium silangan ini bisa berbunga untuk melihat hasilnya. Jadi setidaknya butuh waktu 10-12 bulan untuk mendapatkan bunga hasil silangan mulai dari proses perkawinan. [wo2k]

One thought on “Membuat Silangan Adenium”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s