Tampilan Aglaonema Rusak?

Waspadai Penyakit Umum yang Menyerang
Penyakit pada aglaonema, tentu jadi masalah serius. Selain akan berdampak pada tampilan tanaman, juga mempengaruhi kesehatan tanaman secara keseluruhan. Serangan penyakit ini, lantaran disebabkan oleh dua faktor utama. Mau tahu?
Faktor yang dimaksud adalah cendawan dan bakteri. Cendawan merupakan patogen yang bertanggung jawab terhadap kerusakan sebagian besar tanaman. Jenis patogen ini cenderung memperbanyak diri melalui miselium (spora), dimana spora mempunyai sifat mudah tersebar ke tanaman lain melalui alat pertanian, air atau udara.
Proses perusakannya dilakukan ketika ia memperoleh inang yang cocok, sehingga dengan mudahnya mereka memperbanyak diri. Sedangkan untuk keikutsertaan bakteri lebih sedikit populasinya, dibandingkan dengan cendawan. Biasanya, bakteri menginfeksi tanaman melalui bagian yang terluka.

Banyak kasus pemberian pupuk yang berlebihan dan berpotensi akan membuat akar seperti terbakar, sehingga menimbulkan luka. Nah, dari luka inilah yang jadi pintu masuknya bakteri. Kelembaban tinggi pun bisa memicu kemunculan bakteri. Kebanyakan, munculnya bakteri berasamaan dengan cendawan. Sebagai penanggulangan, penanganan secara kimiawi bisa dijadikan suatu alternatif.


Namun karena jumlah bakterisida di pasar tidak sebanyak fungisida, sehingga alternatif ini terkesan merepotkan. Adapun beberapa tanda-tanda penyakit aglaonema yang sering terjadi, antara lain:

Busuk Akar
Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti para penggemar agalonema. Sebab jika hal ini terjadi, besar kemungkinan tanaman tak dapat terselamatkan alias mati, sehingga secara tak langsung akan berdampak pada nilai ekonominya.
Tak sedikit orang yang sampai menanggung puluhan juta rupiah, karena aglaonemanya terserang busuk akar. Berawal dari media yang terlalu basah dan kelembaban terlalu tinggi, dimana air yang terlalu banyak menggenangi akan membuat medianya becek dan lembab, sehingga dalam waktu singkat akar akan berwarna coklat kehitaman.
Selain itu, struktur batang terkulai dan terdapat lubang, daun jadi pucat dan harapan untuk muncul daun muda sangat kecil.
– Penyebab: Phytium sp
– Penanggulangan:
Ganti dengan media porous, agar kelebihan air di dalam pot langsung keluar.
Akar yang terserang busuk, sebaiknya langsung dipotong. Oleskan fungisida pada bekas potongan hingga batang. Itu berguna untuk mencegah serangan sampai batang. Tanam kembali dalam media sekam bakar. Tunggu perubahan selama kurang lebih satu minggu.

Layu Fusarium
Kelayuan pada daun ini terjadi, karena media tanam ber-pH rendah (masam). Hal ini disebabkan, karena media selalu dalam keadaan basah. Gejala serangan ditandai dengan memucatnya tulang daun sampai berubah warna jadi coklat keabuan. Kemudian diikuti dengan menunduknya tangkai yang membusuk.
– Penyebab: Fusarium oxysporium
– Penanggulangan:
Media jangan sampai tergenang air.
Tanaman yang terserang, sebaiknya dicabut. Kemudian dilanjutkan dengan mengganti media tanam. Sebagai pencegahan, sebaiknya siram tanaman dengan formalin 2-5 cc/l sebanyak 200 ml per tanaman di sekitar bagian yang terserang.
Setelahnya, aglaonema diberi pupuk dengan kadar P dan K tinggi.

Layu Bakteri
Gejala serangan ditandai dengan melunaknya daun dan batang yang disertai bau tak sedap. Akan terlihat lendir putih yang kental dan lengket, jika bagian pangkal batang dipotong.
– Penyebab: Erwinia coratovora
– Penanggulangan:
Cegah jangan sampai media terlalu basah. Usahakan selalu ada dalam lingkungan yang tak terlalu lembab.

Bercak Daun
Diyakini adanya bercak pada daun disebabkan karena serangan cendawan, sehingga membuat daun bersifat patogen dan sekaligus saprofit, dimana bercak daun ini tersambung dengan warna daun asli yang belum terserang, sehingga kelamaan bercak itu akan membusuk.
– Penyebab: Botrys sp
– Penanggulangan:
Cukup mudah hal yang dilakukan untuk menanggulangi masalah ini, yaitu hanya dengan memotong bagian daun yang rusak atau terserang bercak. [santi]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s