Agar Euphorbia Semarak Berbunga

Video by WIENA19

Bunga-bunga menyelimuti setiap tajuknya. Bentuk bunga unik dan warna ngejreng menambah daya tarik pesonanya. Untuk mendapatkan dompolan bunga euphorbia nan cantik itu ada tekniknya.

euphorbia

Kecantikannya semakin menonjol bila didukung dengan sosok tanaman yang seluruhnya optimal, mulai dari batang kokoh, cabang kompak, dan susunan bunga yang bagus. Wajar bila penampilannya mengundang perhatian, sehingga banyak yang meminatinya.

Apalagi ada kepercayaan, keluarnya bunga dapat menggambarkan nasib dan keberuntungan si pemiliknya. Ingin euphorbia Anda berbunga semarak? Mudah, lakukan 6 P, yaitu pemangkasan, penyiraman, pemupukan, penempatan, penyiangan, dan pengendalian penyakit.

A. Pemangkasan

Pemangkasan dapat dimulai sejak euphorbia dalam masa penyuburan. Tujuannya, untuk membentuk tajuk yang seimbang, sehingga terlihat cantik dan mengurangi penguapan. Patokannya mudah, cabang-cabang yang tepat berada di sisi kiri, kanan, depan, dan belakang sebaiknya dibiarkan, selain itu dibuang saja. Nantinya, tunas baru bermunculan di setiap cabang, sehingga tampak lebih rimbun. Waktu yang pas untuk pemangkasan adalah usai penyuburan dan pembungaan pertama kali. Tepatnya di akhir masa pembungaan pertama. Bunga tua juga harus dipotong untuk memunculkan bunga baru. Bunga mekar selama dua bulan. Setelah itu, warnanya pudar, kusam, dan akhirnya layu.

B. Penyiraman

Agar euphorbia tumbuh prima dan selalu berbunga lebat, sebaiknya deprogram penyuburan-pembungaan-penyuburan-pembungaan, demikian seterusnya. Umumnya, fase penyuburan berlangsung 1-1,5 bulan. Sedangkan pembungaan biasanya berlangsung selama 3-4 bulan. Setelah menjalani masa penyuburan selama 1,5 bulan, sosok euphorbia telah bersalin rupa dengan percabangan banyak dan daun yang rimbun. Itulah saat yang tepat untuk memasuki periode berikutnya, yaitu pembungaan. Saat itu, tanaman membutuhkan air dalam jumlah yang memadai. Penyiraman dapat diberikan setiap hari dengan memakai sprayer atau gembor, agar cipratan air yang keluar halus, sehingga tidak merusak daun dan memuntahkan sebagian media tanamnya.

C. Penempatan

Penyinaran penuh ternyata merangsang euphorbia berbunga lebat. Untuk itulah, sebaiknya letakkan pot euphorbia di tempat terbuka dengan sinar matahari penuh dan sirkulasi udara di sekitarnya bagus. Hasilnya, sejak dipindahkan selama seminggu akan muncul bunga-bunga di sela-sela tajuknya. Sebulan kemudian, bunga-bunganya muncul serempak menyesaki setiap daunnya.

D. Penyiangan

Senantiasa menjaga kebersihan adalah salah satu cara agar euphorbia tumbuh subur dan berbunga lebat. Pasalnya, rumput atau tanaman liar lain yang biasanya tumbuh di media tanam akan menjadi pesaing euphorbia dalam penyerapan hara. Bahkan tanaman itu bisa jadi vector atau tempat bersembunyi hama dan penyakit, seperti serangga atau kutu. Untuk itulah gulma harus dicabut, sementara daun yang rontok sebaiknya segera dibuang.

E. Pemupukan

Agar berbunga lebat, euphorbia membutuhkan unsure hara dalam jumlah memadai. Ketika tanaman dipindahkan ke tempat terbuka, berikan pupuk majemuk dengan kadar N rendah, sementara P dan K tinggi. Merknya bermacam-macam, seperti Growmore, Hyponex atau Gandasil. Dosisnya 1 gram/liter/tanaman. Aplikasi pupuk seminggu sekali dengan cara mengocorkan ke media tanam. Perlakuan ini terus dilakukan seminggu sekali. Tingginya kadar P dan K merangsang euphorbia untuk memunculkan bunga. Baru seminggu disemprot pupuk, tanaman ini pun sudah mulai berbunga. Cara praktis dengan menaburkan pupuk lambat urai (slow release), seperti Dekastar, Magamp, dan Osmocote sebanyak 1-2 sendok makan setiap 3 bulan sekali. Dengan cara ini tanaman dapat menyerap hara setiap saat.

F. Hama dan Penyakit

Euphorbia sebenarnya tanaman hias yang bandel dan relatif jarang terserang hama dan penyakit. Meski demikian, tak ada salahnya Anda waspada dengan kehadiran kutu putih (white flies, mealy bug) dan thrips, karena kehadirannya membuat tanaman ini malas berbunga. Untuk memberantasnya dapat menggunakan insektisida, seperti Metindo, Pegasus, dan Agrimex. Frekuensi dan dosis sesuai petunjuk di labelnya. Penyakit lain yang perlu diwaspadai adalah bakteri Erwinia, penyebab busuk akar yang biasanya muncul di musim hujan. Untuk mencegahnya, lakukan penyemprotan pestisida secara berkala. [ary]

Penanaman Tepat Untuk Euphorbia

pot-euphorbia.jpg

Kunci keberhasilan merawat euphorbia ada pada media tanam yang baik. Dengan media tanam yang baik, akan membuat tanaman ini tumbuh subur, sehat, akar kuat, batang kokoh, dan rajin berbunga. Untuk itulah, media tanam harus mengandung unsur hara dalam jumlah memadai. Pot sebagai wadah tanam sebaiknya dipilih yang memiliki drainase baik. Setelah itu, baru memahami cara penanaman yang benar. Berikut cara menanam euphorbia dengan benar

  • Siapkan pot yang ukurannya sepadan dengan besar-kecilnya euphorbia. Pastikan kondisi pot bersih dan memiliki lubang di bagian dasar untuk membuang kelebihan air.
  • Masukkan beberapa potongan styrofoam atau pecahan genting yang jumlahnya asal menutup lubang, karena tujuannya untuk mencegah air tidak menggenang di dasar pot.
  • Isi pot dengan formulasi media tanam yang sudah dibuat, jumlahnya kira-kira separuh pot. Taburkan butiran pupuk lambat urai sebanyak setengah sendok makan.
  • Ambil bibit euphorbia, lalu bersihkan akar-akarnya. Setelah itu, tanaman siap ditanam.
  • Masukkan euphorbia ke media tanam dengan posisi tegak. Pastikan akar menyebar merata dan tidak saling melilit atau menumpuk satu dengan yang lainnya.
  • Isi media tanam hingga penuh, lalu siram air sampai media tanam terlihat padat. Letakkan bibit di lokasi teduh dan aman dari gangguan.

Selamat mencoba. [ary]

About these ads

46 thoughts on “Agar Euphorbia Semarak Berbunga”

  1. bagaimana perawatan euphorbia untuk mencegah busuk batang di musim hujan, yg sangat terbatas sinar matahari dan sering nya terkena air hujan.

  2. Hallo,
    Thank infonya, sy punya E. milli kok daunnya aja yang lebet-bat, bukan semarak bunga tapi semarak daun hehehe…
    Btw, mbak/mas kok di Indonesia yg terkenal cuma E. milli ya… gimana dong ama E.Suzannae-Marnieriae kan eksotis banget tuh (jarang banget ada dan mahal…), kalo pembaca ada yg punya bagi-bagi dong trik perawatannya!
    Mbak/mas bagi-bagi infonya juga ya mengenai Pachypodium, di rumah saya lebih banyak merawat Pachypodium, juga kalo ada pembaca yang merawatnya, bagi-bagi triknya…
    Thank,
    Indra

  3. infonya menarik dan nambah pengetahuan dan akan lebih bagus lagi kalo foto-fotonya diperbanyak dari segi teknis pemupukan, penyiraman, dan penyemprotan. Biar tambah ngerti, paham,dan lebih jelas dalam mempraktikkannya…..tengkyu abis

  4. Thanks berat buat infonya.

    E. milii saya begitu pindah pot langsung membesar, tapi warna bungannya jadi agak pudar. Saya semprot pakai pupuk bunga, eh malah pada rontok daunnya. hehehe

    Saya lagi coba seedling E. primulifolia, mulai berkecambah. Kalau berhasil mau coba euphorbia species lainnya juga terutama yang dari madagascar, supaya orang Indonesia ngga kenalnya sama E. milii doang :-)

  5. brafo buat infonya,aku juga pengemar baru tanaman ini jadi belum banyak ilmu tentang euphorbia, tentang technik 6 p nya
    saya akan coba terapkan dech pada tanaman saya.

    oh ya saya mau nanya ?
    apa betul fitcin (miwon) bisa merangsang bunga euporbia?
    makasih sebelumnya….

  6. taman2 saya mau tanya???

    gini beberapa hari yg lalu saya menenem euphorbia

    1 s/d 4 miggu diya tumbuh…
    namun setelah itu

    batangnya lembek…dan kosong……
    lama2 letoy(lemes) euphorbianya….

    saya bingung itu kenapa ya????

    emang sih waktu itu d tanah dalam pot itu banyak semut api…
    apa itu sebabnya???

    kalo iya cara mengatasi semut api itu gimana ya????

    soalnya rata2 tanaman saya di serang semut api tanahnya
    bisa tolong bantuin saya g mengatasinya???

    sayang tanaman yg lain nanti pada mati semuanya???
    please

  7. terima kasih atas infonya, aq aku juga pengemar baru tanaman ini jadi belum banyak ilmu tentang euphorbia,tolong klau ada info terbaru kirim ke email aq, n bagaimana caranya untuk menyilangkan jenis tanaman tersebut, agar aq memiliki jenis warna yang lebih banyak….
    terima

  8. Mau tanya nih, aku punya euphorbia tapi nggak pernah berbunga cuman dedaunan yg lebat. Aku sudah coba dengan membersihkan daun dan pemupukan dengan gandasil B tapi tetap saja yg muncul tunas2 daun bukan bunga. Kutunggu jawabnya…thx

  9. wah sama juga, saya punya euphorbia cuma daun doang kemarin baru saja saya pangkas batang dan daunnya karena sudah 1 tahun tidak berbunga. kenapa ya………… tolong infonya dong……………..

  10. mba…. ada cara lain ga bwat ngebrantas kutu putih, selain pake pestisida, soalnya mahal bgt di pasaran 1 botol kecil bisa seharga sampe 40ribu lebih… thx

  11. trik yang saya gunakan supaya berbunga lebat, euphorbia daunnya saya pangkas separuh->kasih pupuk bunga->stressing (jemur dan gak disiram sampe 2 minggu/pokoknya dibikin merana dulu deh)->trus kagetin disiram sampe basah banget. tungguin deh kira2 2 minggu taaaaraaaaaaaa….. bakalan muncul tuh bunga.

  12. hallo…aku jg penggemar euphorbia sejak kira2 2 th yal,koleksiku 4 bln yal ada 115 mcm. saat ini aku punya masalah yg mungkin diantara kalian ada yag bs bantu?. begini, ga tau knpa tanaman kesayanganku itu pd rontok daunnya,mulai kuning dan sulit utk tumbuh lg,pdhal udah tak beri dekastar utk daun. lama2 mulai pd mati,aku sp sempat stres.yg blm aku lkkan ganti media yg udah ada 14 bln. ngeri jg krn dgn pot diameter 30cm jumlah segitu aku rada…..malas. ada yg bs bantu? tq

    kasusnya mungkin kebanyakan air, eporbia lebih baik kurang air dari pada kelebihan air….
    kurangi penyiraman, taruh ditempat panas dan jangan lupa campurkan B1 di dalam air siraman dan harus sesuai dosis

  13. tambahan nih, kalo sdah terlanjur kayak gitu mending medianya dibongkar. kemungkinan akarnya sudah busuk tuh. potong semua akar yang busuk trus kasi fungisida

  14. Bagi yg pny E. polycarpa ato decidua tlg hub ak di 08562952925. Bg yg mau Pachypodium (lamerii, geayi, saundersii, rosulatum, horombense, densiflorum var. brevicalyx, rutenbergianum, bispinosum) hub ak, ok!

  15. mbak terimakasih infonya. ephorbiaku hampir semua tidak berbunga, media tanam apa ya yang paling cocok ?

    humus daun dengan sedikit pasir bisa digunakan, dan jangan lupa berikan panas yang cukup serta pupuk dnegan kadar P yang tinggi, siram secukupnya dengan melihat media tanam, bila maish basah tunda dulu penyiraman

  16. maaf tadi lupa, trik lain buat menyiasati kutu daun yang berwarna putih, pake air sabun colek dikit aja sabunnya dg air secukupnya aduk sampai rata lalu semprotkan pada bagian yang berkutu, sekali saja cukup…..tunggu beberapa hari kutu daun hilang dijamin deh……………

  17. I have problem with my adenium,when after got the fvlower they not to grow well til I get nervous couse my adenium is very high price, could you give me ahand ?

    1. Check the roots. If you find some of them are rotten, cut ‘em. Then replant the adenium. I experienced the same case a couple months ago.

  18. bunganya bagus, aku juga mpunya masalah bunga itu, siapa tau ada yang bisa bantu aku juga, kalo bunga saya daunya banyak subur tapi nga ada bunga kenapa ya.

  19. dihalaman rumahku penuh dengan euphorbia karena memang aku hoby bunga euphorbia, cuman sayang aku belum tau nama dan jenisnya dari yang kumiliki, tolong bantu……… mungkin ada contoh foto dan jenis ….

  20. Bagai mana jika tanaman yang di rangkai,lalu apa yang kita rangkai tidak bertahan lama……Dan bagai mana cara perawatan bunga hias sesuai dngan yang kita inginkan???
    Apakah usaha anda ini menghabiskan biaya yang lebih???
    Kira2 jika kita ingin menjadi seorang pengrajin bunga unik sperti anda??

  21. numpang nanya nich min,apkah euphorbia hrus trletak di bwah sinar mtahari lngsung?? klaupun jrang trkena chaya mtahari apa akn ttap tmbuh bunga??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s